Nuansa Jalur Trek MTB Klangon Hadirkan Tantangan Baru

Nuansa Jalur Trek MTB Klangon Hadirkan Tantangan Baru 

Bersepeda belakangan menjadi salah topik menarik yang terus saja diperbincangkan. Mulanya dari beberapa unggahan di laman media sosial yang berujung viral. Kemudian bersepeda menjadi booming kembali di tanah air. Kini masyarakat mulai menggemari olahraga yang satu ini. Salah satu trek yang menantang adalah MTB Klangon.

Sebenarnya aktivitas bersepeda sudah lama digemari oleh sejumlah kalangan. Bahkan hal tersebut menjadi hobi yang menyenangkan dilakukan. Sebagian orang juga menjadikannya sebagai salah satu cabang olahraga yang dikembangkan. Tidak tanggung trek yang dipilih umumnya memiliki tantangan tersendiri. Mulai dari kontur jalanan lurus sampai pegunungan.

Bukit dan pegunungan ikut menjadi lokasi trek para pesepeda. Salah satunya yang sudah populer yaitu MTB Klangon. Jalur treking ini masih satu area dengan Gunung Merapi. Sehingga bisa dibayangkan keindahan alamnya yang menakjubkan mata. Lebih dari itu pesona Merapi memang menghadirkan sensasi tersendiri.

Bingung mencari lokasi treking yang menantang di seputaran Jogjakarta? Jangan khawatir karena Anda masih bisa melirik spot treking yang satu ini. Namanya MTB Klangon yang penih dengan sensasi tantangan baru. Sebelum melintas tidak ada salahnya Anda melengkapi diri dengan informasi di bawah ini.

Rute Trek MTB Klangon

Rute lintasan untuk pesepeda di Klangon sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jalur yang dilalui oleh wisatawan. Hanya saja terdapat beberapa jalur yang diarahkan ke trek khusus. Karena jalur berada di perbukitan tentu setiap treknya menantang. Bukitnya hanya berjarak sekitar 35 km dari pusat kota Jogja.

Sementara itu ketinggian bukit diperkirakan mencapai 1100 meter dari atas permukaan laut. Jalur tempuh tersebut dianggap sebagai treking yang menantang. Apalagi bagi kalangan pesepeda yang menggunakan sepeda MTB. Inilah yang menjadi alasan mengapa dibutuhkannya sepeda MTB. Pasalnya jarak Klangon yang lumayan panjang.

Treking menggunakan sepeda MTB diawali dari jalur Magelang menuju ke arah Kali Kuning. Jalur terus dilanjutkan menuju padang golf di Cangkringan. Pesepeda MTB juga harus melewati Desa Glagaharjo. Jika menggunakan sepeda gunung waktu tempuh yang diperlukan cukup lama. Hal ini mengingat banyaknya tanjakan yang menantang.

Waktu tempuhnya berkisar 4 jam dari start awal. Di sisi lain hal tersebut justru berbeda saat pulang. Pesepeda hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam untuk turun. Kontur trek yang menantang dijadikan sebagai lokasi pilihan penggemar downhill. Gunakan sepeda MTB untuk trek ini.

Tips Gunakan MTB di Klangon

Untuk melintasi trek di Klangon ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama adalah jenis sepeda yang digunakan. Saat ini banyak sekali jenis sepeda yang diminati oleh pesepeda. Namun, tidak semua jenis sepeda cocok digunakan pada jalur khusus. Apalagi jalur treking yang memiliki tantangan.  

Masing-masing sepeda dirancang untuk digunakan pada jalurnya. Untuk jalur lintasan yang menurun seperti Klangon sebaiknya menggunakan MTB Downhill. Jenis sepeda gunung yang satu ini memang dirancang untuk melibas trek menurun. Apakah semua sepeda gunung tidak dapat digunakan untuk trek menurun?

Jawabannya tentu sepeda gunung dapat digunakan. Hanya saja untuk jalur trek yang menurun lebih efektif jika dilalui dengan desain sepeda khusus. Seperti pada MTB Downhill yang dirancang dengan kontruksi stabill dan kokoh. Bentukan sepeda downhill dirancang untuk trek yang menurun dengan lintasan kecepatan tinggi.

Oleh sebab itu, biasanya sepeda jenis MTB Downhill dibuat dengan rangka berukuran besar. Sehingga jika dilihat tampak kokoh. Bahkan suspensi yang ada juga dilengkapi dengan travel besar hingga 200 mm. Rancangan tersebut membuat sepeda MTB Downhill mendarat mulus. Bahkan ketinggian lompatannya mencapai 2 meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *